Fakta Menarik Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

1. Kota Tiga Dimensi
Kabupaten Pangkep dikenal dengan Kabupaten Tiga Dimensi karena memiliki struktur wilayah yaitu daratan, pegunungan, dan kepulauan. Wilayah daratannya terdapat tujuh kecamatan, dua kecamatan di pegunungan dan empat kecamatan di daerah kepulauan dengan luas wilayah daratan 898,29 Km² dan wilayah laut 11.464,44 Km². Kabupaten ini berpenduduk sekitar 300 ribu jiwa.
2. Kota Bandeng
Kota Bandeng adalah julukan dari Kabupaten Pangkep karena sebagian wilayah daratannya merupakan area tambak yang menghasilkan ikan bandeng. Penduduk setempat menyebutnya dengan nama “Ikan Bolu”.Makanya ikan bakar bandeng merupakan menu utama jika anda berkunjung ke daerah ini.
3. SOP Saudara
Sop Saudara merupakan kuliner khas Pangkep berupa hidangan berkuah yang berbahan dasar daging sapi yang disajikan bersama bihun, perkedel kentang dan telur rebus.
Sop saudara mempunyai sejarah sehingga dinamai dengan SOP Saudara singkatan dari “Saya Orang Pangkep Saudara!!”. Dengan nama tersebut berharap semua orang yang makan di tempat tersebut akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.
4. Dange
Penganan khas dari pangkep ini dibuat dari beras ketan hitam, parutan kelapa dan gula merah. cara membuatnya sangant unik karena cetakan kue terbuat dari tanah diliat yang dibakar. Orang Pangkep menyebutnya dengan sebutan “Dange” Peganan ini banyak kita jumpai di daerah segeri di sepanjang jalan Trans Sulawesi.
5. Semen Tonasa
Di kabupaten inilah penghasil semen Tonasa berasal. Tepatnya berada di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro. PT. Semen Tonasa adalah salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yang beroperasi sejak tahun 1968 dan menjadi salah satu pemasok semen untuk wilayah Indonesia Timur.
6. Pegunungan Karst
Memiliki batu karst yang terbentang sampai ke kabupaten Maros dan termasuk kawasan Taman Nasional Bantimurung dan Bulusaraung. Pegunungan Karts ini merupakan Pegunungan Karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou,China. Dengan total luas sekitar 43.750 hektar, kawasan ini memiliki 286 gua dengan lebih dari 30 gua pra-sejarah.
Banyak karst-karst yang menjadi daya tarik tersendiri di wilayah ini, sehingga dijadikan salah satu objek wisata dan penelitian. Pemerintah pernah mengadakan International Cave Festival untuk memperkenalkan karst-karst tersebut kepada dunia internasional.
7. Segitiga Bermuda Indonesia
Wilayah kepulauan Pangkep tersebar di Wilayah Selat makassar dan Laut Flores, Sehingga berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Selatan, Jawa timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur. ada yang menganggap bahwa di antara pulau-pulau yang ada di Pangkep merupakan Daerah yang berbahaya dan orang Indonesia menyebutnya Segi tiga bermuda Indonesia atau Segitiga Masalembo. karena banyak kapal laut yang hilang di perairan ini bahkan katanya pesawat Adam Air jatuh di wilayah ini.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  • Popular Posts

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Label

    Recent Posts

    Unordered List

    • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
    • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
    • Vestibulum auctor dapibus neque.

    Pages

    Theme Support

    Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.